17.8.08

Sumber Getaran

Vibration Source (sumber getaran)

Semua mesin yang bergerak, menimbulkan gaya mekanis (mechanical forces) selama beroperasi secara normal. Karena kondisi mekanis dari mesin akibat pemakaian, perubahan kondisi operasi, variasi beban dsb, menimbulkan gaya ini.
Getaran tidak terjadi begitu saja. Ada penyebab fisik (physical cause) yang disebut dengan fungsi gaya. Dan masing-masing komponen getaran memiliki fungsi gaya yang berbeda. Komponen yang mewakili masing-masing fungsi gaya ini dapat terlihat pada plot frekuensi (domain frekuensi).
Profil getaran yang berasal dari gerakan, adalah hasil dari gaya tak balans. Secara definisi, balans terjadi pada sistem gerak saat gaya ditimbulkan dan bekerja, mesin berada pada kondisi kesetimbangan. Dalam kenyataannya, selalu ada tingkat imbalans pada mesin.
Mesin putar (Rotating Machinery)

Mesin putar memiliki satu atau lebih komponen yang berputar bersama poros, misalnya bantalan, impeler, dan rotor. Pada mesin yang balans sempurna, semua rotor berputar secara lurus pada garis tengah dan semua gayanya sebanding. Namun, dalam industri mesin, salalu ada tingkat ketidak-balans-an pada mesin. Karena ketidak-balans-an ini, getaran akan muncul pada media putaran mesin.
Rotor Imbalans
Ketidakstabilan aliran dan kondisi kerja
Gerak mekanis dan gaya
Hampir setiap frekuensi yang unik terkandung dalam sinyal getaran dapat secara langsung dicocokan / dihubungkan dengan gerak mekanis pada mesin. Sebagai contoh, gerak aksial dari elemen putar pada generator menaikkan amplitudo pada fundamental (1x), harmonik ke-dua (2x), harmonik ke-tiga(3x) dari putaran kerja poros. Gaya lainnya, juga akan menimbulkan frekuensi yang unik.

Tidak ada komentar: