4.10.08

Istilah dalam sinyal digital

Istilah Dalam DSP

1/f noise: Salah satu jenis noise acak yang meningkatkan amplitudo pada frekuensi rendah. Ini sering teramati pada sistem fisik (physical system), namun belum diketahui dengan pasti. Lihat White noise.

Aliasing: Proses dimana gelombang sinusoidal berubah dari frekuensi satu, ke frekuensi lain akibat dari proses sampling atau proses nonlinier lain. Biasanya ditandai dengan hilangnya informasi pada suatu sinyal.

Amplitudo Modulation: metode yang digunakan pada komunikasi radio untuk menggabungkan informasi yang dibawa sinyal dengan gelombang pembawa. Biasanya dibawa dengan mengalikan 2 buah sinyal.

Antialiasing filter: Filter analog Low-pass, ditempatkan sebelum ADC converter. Membuang frekuensi diatas satu-setengah dari sampling rate.

ASCII: metode untuk merepresentasikan huruf dan angka dalam bentuk biner. Setiap karakter tersusun atas angka antara 0 – 127.

Autokorelasi: Suatu sinyal dikorelasikan dengan sinyal itu sendiri. Berguna, karena transformasi fourier dari autocorrelasi adalah power spectrum dari sinyal asal.

Cepstrum: susunan ulang dari SPECTRUM, digunakan pada proses homomorphic untuk mendeskripsikan spectrum saat domain waktu dan frekuensi ditukar.

Continous signal: Sinyal yang terbentuk dari variabel continu, lawan dari diskrit. Contoh: voltase yang berubah thp waktu. Kadang dihubungkan dengan sinyal analog.

Cooley and Tukey: J.W. Cooley dan J.W Tukey telah memberikan sumbangan tentang FFT pada dunia lewat jurnal mereka di tahun 1965.

Correlation: Operasi matematika yang mirip dengan konvolusi, namun dengan urutan proses dari kiri ke kanan. Ini adalah cara optimal untuk mendeteksi gelombang tertentu pada suatu sinyal .

Cross-correlation: Sinyal baru akan terbentuk apabila suatu sinyal dikorelasi dengan sinyal lain. Tingginya amplitudo menandakan kesamaan antara dua sinyal tersebut.

DFT : family dari FFT untuk sinyal domain waktu yang diskrit dan periodik

Discrete signal: Sinyal yang menggunakan variabel quantisasi, misalnya sinyal digital yang ada pada komputer.

DTFT : family dari FFT untuk sinyal domain waktu yang diskrit dan aperiodik

Domain: variabel bebas dri suatu sinyal.

Dynamic range: Amplitudo tertinggi yang bisa dicapai sistem dalam membandingkan noise pada sistem

Frequency Domain: Sinyal yang menggunakan frekuensi debagai variabel bebasnya.

Frequency response: Perubahan magnitude dan phase yang dimiliki gelombang sinusoidal ketika melewati sistem linier. Seringkali didapat dengan mentransformasi fourier suatu respons impulse.

Fundamental Frequency: Frekuensi yang mana gelombang periodik selalu berulang.

Harmonics: Komponen frekuensi dari gelombang periodik, selalu terdiri dari perkalian integer dari frekuensi fundamental. Fundamental adalah harmonik pertama, duakalinya adalah harmonik kedua dst.

Impulse: Sinyal yang dibuat dari nilai nol semua, kecuali pulse yang sangat singkat.

Impulse response: Output dari sistem apabila inputnya adalah impulse normal.

IIR: response impulse yang memiliki angka bukan nol takterbatas, misalnya eksponen yang menurun. Serinykali digunakan sebagai indikasi bahwa filter menggunakan proses recursiv daripada kovolusi.

Intereger : semua angka. ..., -2, -1, 0, 1, 2, ...

Linier system: Dari definisi, sistem yang memiliki properties additivity dan homogenity.

Moving-average filter: setiap sampel pada sinyal output adalah rata-rata dari berbagai sampel pada sinyal input. Dapat dilakukan dengan konvolusi dan recursiv

Natural frequency: Frekuensi diekspresikan dalam radian /sekon, sebagai pembanding cycle/sekon (hertz). Untuk mengubah frekuensi (Hz) ke natural frekuensi, kalikan dengan .

Sampling theorema: Jika sinyal kontinu terbentuk dengan frekuensi lebih kecil dari , disampling dengan frekuensi , maka semua informasi dalam sinyal kontinu akan dapat ditampilkan pada sinyal sampel. Sering juga disebut dengan teorema shanon, atau Nyquist theorema.

Signal: Diskripsi tentang bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel yag lain.

Sinc Function: Secara formal didefinisikan dengan hubungan . Istilah kadang disembunyikan dalam variabel lain. Membuatanya menjadi bentuk umum: . Penting, karena ini adalah transfom fourier pulsa rectangular.

Spectral Analysis: Memahami suatu sinyal dengan menguji/mempelajari amplitudo, frekuensi, dan phase sinusiodal pada komponennya.

System: semua proses yang menghasilkan sinyal output sebagai respon dari sinyal input

Time domain: sinyal yang menggunakan waktu sebagai variabel bebasnya.

Transfer function: Sinyal output dibagi dengan sinyal input. Dapat berasal dari berbgai bentuk, tergantung dari bagaimana sinyal direpresentsaikan.

Transform: Prosedure, persamaan atau algoritma untuk mengubah sekelompok data menjadi kelompok data yang lain.

White noise: Noise acak yang memiliki spektruk frekuensi datar. Terjadi jika setiap sample pada domain waktu tidak mengandung informasi tenatng sinyal yang lain.

(diambil dari buku "Digital Signal Processing"

Tidak ada komentar: